Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 03 April 2022
Oleh: Admin

Rapat Koordinasi dan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan Mata Kuliah Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT 2021/2022)

Semester Genap TA 2021/2022 

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Triskati mengadakan Rapat Kooordinasi dan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan  Mata Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT 2022) yang diadakan pada Rabu  30 Maret 2022 melalui metode daring.  

Pemateri pada kegiatan ini adalah Dr. Astri Riananti,MT (Direktur LMP), Dr.IR. M Ischak (Seklem LPM) dan Ir.Wawan Kurniawan,MT (Kapus KUM-ITT).  Dr. Astri Rinanti Nugroho, MT  menyampaikan bahwa KUM-ITT  merupakan Mata Kuliah pilihan yang memungkinkan para mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, tentu saja para mahasiswa sangat memerlukan pendampingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  Para DPL berperan memberi  arahan dan solusi dalam menjalan program KUM-ITT tersebut.  Diharapkan  pada saat pendampingan akan menghasilkan produk-produk baru dalam kegiatan tersebut, sehingga salah satu luarannya  para Dosen Pembimbing Lapangan dan Mahasiswa dapat membuat karya ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Ilmiah.  

Materi tentang Pengertian, Filosofi dan tujuan pelaksanaan KUM-ITT disampaikan Dr.Ir. M.Ischak.  Sedangkan Ir. Wawan Kurniawan,MT,IPM menyampaikan bahwa KUM-ITT Tematik pada tahun ini bertemakan: ‘ Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat saat Pandemi Covid-19’ dengan menggunakan metode hybrid, tema ini diangkat dikarenakan keinginan mahasiswa Usakti membantu mengatasi masalah yang menimpa ekonomi UMKM pada masa pandemi ini. Mitra UMKM pada KUM-ITT tahun 2022 ini sebanyak 14 mitra. Selain itu disampaikan hal-ha teknis pelaksanaan KUM-ITT 2022.  Luaran dari masing-masing kelompok KUM-ITT tahun ini berupa hak cipta HKI , video kegiatan yang diunggah ke youtube dan jurnal. 

Adapun para DPL KUM-ITT 2022 adalah Dr.Wahyudi Siswanto, SH,MH (FH), Dr.Erni Erfan, SPd,M.Biomed (FKG), Shafrani Dizar,SE,Ak,MM (FEB), Ryan Fasza, ST,MT (FTSP), Reza Fauzi,ST,M,Ars (FALTL), Drs. Harris Effendi, M.Ds (FSRD), Yuga Maulana,ST,MT (FTKE), Muhammad Fadlan,ST,MT (FTI) dan para Kapus LPM. Luaran dari masing-masing kelompok KUM-ITT tahun ini berupa hak cipta HKI, video kegiatan yang diunggah ke youtube dan jurnal.

Dengan berakhirnya Rapat Koordinasi dan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan KUM-ITT semester Genap TA 2022/2022 diharapkan pelaksaan KUM-ITT 2022  dapat berjalan sesuai rencana dan target yang diharapkan berupa meningkatnya kemampuan UMKM secara mandiri.