Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 06 September 2023
Oleh: Admin

FGD Penyusunan Petunjuk Teknis Program Inkubasi MBKM Kewirausahaan Next Level

Pusat Inkubator Bisnis, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Trisakti, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Kamis, 31 Agustus sampai dengan Sabtu, 2 September 2023 di ASTON Kartika Grogol Hotel & Conference Center. FGD ini diselenggarakan untuk penyusunan Petunjuk Teknis Program Inkubasi MBKM Kewirausahaan Next Level: Peningkatan dan Pemerataan Kepesertaan Universitas Trisakti 2023 – Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2023. Ini merupakan FGD tahap 1 dari 2 FGD yang direncanakan. FGD kedua akan membahas mengenai petunjuk teknis memperoleh dana ventura yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023.

FGD ini diikuti oleh pengelola inkubator, mentor/dosen kewirausahan yang mewakili prodi di lingkup Universitas Trisakti sejumlah 18 orang yang terbagi atas 3 kelompok, dengan 3 narasumber yaitu Didi Diarsa Co-Founder Code Margonda, Dr. Wisnu Dewobroto dari Kemenkop, dan Imam Kisowo, S.T., M.M, Founder of Mendak, Independent Consultant for Brand and Branding, Marketing Strategy.

Pada hari pertama acara dibuka oleh Wakil Rektor 1, Prof. Ir. Asri Nugrahanti, M.S., Ph.D., IPU yang memberikan sambutan dan arahan, dilanjutkan pembacaan doa oleh Dr. Ir. Mohammad Ischak, M.T. dan arahan dari Direktur LPPM Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, M.T., IPM.

Sesi pertama pada hari Kamis diawali dengan pemaparan dan group discussion tentang Understanding Business Incubation oleh Emelia Sari, S.T., M.T., Ph.D. Sesi kedua yaitu Exploring Tenant Needs and Expectations dan Sesi ketiga Identifying Challenges and Solutions oleh Imam Kisowo, S.T., M.M. yang dibawakah dengan konsep Lego Serious Play activity sehingga sangat menarik bagi peserta. Acara FGD hari pertama ini ditutup dengan penulisan draft juknis oleh masing-masing kelompok.

Pada hari kedua yaitu Jumat, Sesi pertama diawali dengan rekap diskusi kegiatan hari pertama yang dipimpin oleh Agung Sasongko, S.T., M.M., dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu Creating Guideline Book per-kelompok, diskusi, dan feedback dari semua partisipan. Pada sesi ini juga turut hadir narasumber dari luar yaitu Didi Diarsa Co-Founder Code Margonda yang memberikan arahan untuk menyempurnakan guideline book. Selanjutnya tak kalah menariknya Sesi ketiga merupakan aktivitas Storyboarding and Visualizing. Masing-masing kelompok membuat storyboard yang menggambarkan perjalanan para tenant, tantangan, solusi nya serta saling sharing dan memberi masukan antar kelompok. Pada sesi ini juga turut hadir narasumber dari luar yaitu Dr. Wisnu Sakti Dewobroto dari Kemenkop. Terakhir sesi keempat yaitu Finalisasi Buku Pedoman dan Perencanaan Aksi.

Hari terakhir yaitu Sabtu, FGD ditutup dengan finalisasi penulisan petunjuk teknis oleh masing-masing kelompok serta ringkasan hal-hal penting yang dapat diambil dan pelajaran yang didapat. Sesi ini mengakhiri rangkaian FGD yang luar biasa selama tiga hari ini. Semoga buku petunjuk teknis yang telah disusun dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat meningkatkan lahirnya startup dari Universitas Trisakti.

Sumber: www.trisakti.ac.id