Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 04 Oktober 2023
Oleh: Admin

Universitas Trisakti Berpartisipasi pada Acara Demo Day & Asian Society for Innovation and Policy (ASIP) Conference 2023

Universitas Trisakti telah berpartisipasi dalam acara Demo Day & Asian Society for Innovation and Policy (ASIP) Conference 2023 yang diselenggarakan oleh University Incubator Consortium (UNIIC) di Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU) Kuala Lumpur pada 20-23 September 2023. Acara ini merupakan acara tahunan UNIIC yang betujuan untuk membangun kapasitas dalam mendukung start-up ecosystem, pertukaran pengetahuan dan keterampilan, serta berbagi sumber daya. Dalam kesempatan ini, turut hadir perwakilan dari Universitas Trisakti yaitu Wakil Rektor 1, Prof. Ir. Asri Nugrahanti, MS, PhD, IPU; Koordinator UNIIC Trisakti, Ir. Didien Suhardini, M.Sc, Ph.D; dan Kepala Pusat Pengembangan Inkubator Bisnis, Emelia Sari, ST, MT, PhD.
Terdapat 3 rangkaian kegiatan dalam acara ini yaitu DemoDay (quarter final), UNIIC Meeting, dan ASIP Conference 2023. DemoDay merupakan kegiatan dimana Startup yang dalam hal ini adalah mahasiswa dari masing-masing perwakilan Universitas mempresentasikan ide-ide mereka di depan para juri. DemoDay ini bertujuan untuk membantu meningkatkan eksposur, memperluas jaringan, memfasilitasi hubungan dengan calon mitra, investor, akselerator, dan membuka sumber daya tambahan. Kegiatan ini diikuti oleh 18 kelompok dari 11 Universitas yang berasal dari 6 negara. Universitas Trisakti mengirimkan 2 tim untuk berpartisipasi dalam DemoDay ini yaitu Analog for Kids yang beranggotakan Raihan Cecarrio Rubiyanto (FTI), Yogi Setyawan (FTI), Naufal Fahri Muliadin Tayeb (FEB); dan Caillie.co yang beranggotakan Salwa Hayati (FEB), Fadilla Kindi Pangestika (FEB), dan Imelda Dwi Lestari (FEB).11h

Sebagai pembuka rangkaian acara diadakan Pre-DemoDay Workshop bertemakan “Tips for a good pitch & preparing for Q&A” dengan speaker Mr Kristoffer Lundegren, Nordic Apiary dan “Next generation leaders of start-ups” oleh Dr Ko Young Joo dari Korea Selatan. Hari kedua dilanjutkan Physical pitching & showcase dari ke-18 tim dengan total 65 mahasiswa. Ke-18 tim menampilkan pitching terbaiknya di depan 4 Juri yaitu Prof Seol Sung-Soo (South Korea), Dr Josefina Abilay (Philippines), Mr Lucas Tee Hao (Malaysia), Mr Lee Teng Hau (Malaysia). Kriteria penilaian dalam DemoDay ini adalah innovativeness, prototyping, business feasibility, impact of idea, story telling & pitching.

Acara dilanjutkan dengan UNIIC Meeting yang di ikuti oleh perwakilan dari 17 Universitas anggota. Kegiatan ini membahas tentang rencana UNIIC Tahun 2024-2026, dimana salah satunya mengenai Demo Day & ASIP Conference 2024 yang akan diadakan di Indonesia dengan Universitas Telkom sebagai host, Universitas Trisakti dan Universitas Indonesia sebagai co-host.

Penutup dari serangkaian kegiatan ini adalah ASIP Conference 2023. Dalam kesempatan ini Wakil Rektor 1 Universitas Trisakti Prof. Ir. Asri Nugrahanti, MS, PhD, IPU hadir sebagai invited speaker dengan judul “Developing Green Techno Sociopreneur Framework Through Waste to Value Innovation” dan Kepala Pusat Pengembangan Inkubator Bisnis, Emelia Sari, ST, MT, PhD sebagai moderator.
Partisipasi Universitas Trisakti dalam UNIIC Demo Day & ASIP Conference 2023 menunjukkan komitmen Universitas dalam mendukung semangat berwirausaha dan inovasi di kalangan mahasiswa. Ini adalah kesempatan berharga bagi para peserta untuk berbagi ide dan pengalaman mereka dalam dunia bisnis dan teknologi.