Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 10 November 2023
Oleh: Admin

FGD Penyusunan Petunjuk Teknis Program Inkubasi MBKM Kewirausahaan Next Level: Peningkatan Perolehan Dana Ventura

Pusat Inkubator Bisnis LPPM Usakti mengadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk menyusun petunjuk teknis program inkubasi MBKM Kewirausahaan Next Level dengan tema “Peningkatan Perolehan Dana Ventura”. FGD yang diselenggarakan pada hari selasa, 31 Oktober sampai dengan kamis, 2 November 2023 di ASTON Kartika Grogol Hotel & Conference Center ini merupakan FGD kedua dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2023. FGD pertama telah dilaksanakan sebulan yang lalu dengan tema Peningkatan dan Pemerataan Kepesertaan Program Inkubasi MBKM Kewirausahaan Next Level.

Tujuan diadakan FGD ini adalah tersedianya petunjuk teknis program inkubasi MBKM Kewirausahaan Next Level: peningkatan perolehan dana ventura Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2023, sehingga startup dapat lebih berkembang dengan bantuan dana yang diberikan baik untuk pengembangan prototype, peningkatan kapasitas produksi, legalitas, dan promosi. FGD ini diikuti oleh mentor/dosen kewirausahan yang mewakili prodi di lingkup Universitas Trisakti sejumlah 12 orang, dengan 3 narasumber yaitu Ifran Fadlurrahman (Investment Senior Associate Mandiri Capital Indonesia), Agung Wibowo (CEO and Founder FundEx.id), dan Norico Gaman (Partner/Director PT EurAsia Kapital Investindo).

Pada hari pertama acara dibuka oleh WR 1, yang mana pada kesempatan ini diwakili oleh Dr. Ir. Ramadhani Yanidar, MT yang memberikan sambutan dan arahan, dilanjutkan pembacaan doa oleh Dr. Ir. Mohammad Ischak, M.T. dan arahan dari Direktur LPPM Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, M.T., IPM. Hari pertama FGD di isi dengan pemaparan dan diskusi bersama para narasumber. Pemaparan pertama diawali oleh Ifran Fadlurrahman dengan moderator Imam Kisowo, S.T., M.M. Pada sesi ini dibahas lengkap mengenai pendahuluan ke dunia pendanaan ventura, lebih detail mengenal venture capital dan bagaimana cara kerjanya, menilai valuasi startup yaitu tentang cara menghitung dan memahami nilai startup, dan dokumen-dokumen penting dalam pendanaan.

Selanjutnya pemaparan materi kedua tentang Securities Crowd Funding oleh Agung Wibowo, CEO and Founder FundEx.id. Pada sesi ini dibahas mengenai Due Diligence yaitu tentang proses, tantangan, dan cara mempersiapkannya. Kemudian dipaparkan juga materi tentang strategi exit untuk startup yaitu mempelajari cara-cara exit seperti penjualan saham, merger, atau IPO, serta pembahasan tentang cara menjalin jaringan dengan investor.

Pemaparan materi terakhir atau ketiga dibawakan oleh Norico Gaman (Partner/ Director PT EurAsia Kapital Investindo) dengan tema pendanaan perusahaan rintisan (Start Up). Pada sesi ini lebih detail dibahas mengenai cara mempersiapkan pitch yang memikat, mempersiapkan tim dan kultur perusahaan, strategi dan teknik berkomunikasi saat tahap negosiasi, dan sharing tentang studi kasus dari startup yang berhasil mendapatkan pendanaan. Sesi kedua ini ditutup dengan diskusi yang dimoderatori oleh Agung Sasongko, S.T., M.M dan dilanjutkan dengan penulisan draft juknis.

Masuk pada Hari kedua yaitu Rabu, 1 November 2023, sesi pertama diawali dengan rekap diskusi kegiatan hari pertama, dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu penulisan draft juknis. Pada hari kedua ini juga dilakukan presentasi oleh masing-masing kelompok terkait draft juknis yang telah dibuat.

Hari terakhir yaitu Kamis, 2 Oktober 2023, FGD ditutup dengan finalisasi penulisan petunjuk teknis oleh masing-masing kelompok serta ringkasan hal-hal penting yang dapat diambil dan pelajaran yang didapat. Sesi ini mengakhiri rangkaian FGD kedua yang telah terselenggara. Diharapkan petunjuk teknis yang telah dibuat ini dapat meningkatkan jumlah perolehan dana ventura bagi para tenant di Pusat Inkubator Bisnis Univesitas Trisakti.

Sumber: TrisaktiNews